• Breaking News

    Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card, Pasang Banyak Aplikasi Bukan Masalah lagi

    Berbeda dengan cara pertama dan cara kedua yang sebelumnya sudah dibahas, pada cara ketiga ini, hanya diperuntukan bagi Anda yang sudah benar-benar paham akan penggunaan partisi pada sebuah perangkat penyimpanan, khususnya microSD. Karena pada cara ketiga ini lumayan rumit bagi pengguna yang masih awam. Aplikasi yang digunakan menggunakan aplikasi adalah Link2SD, alasan menggunakan aplikasi ini karena tersedia secara cuma-cuma, alias gratis di Google Play Store. Pada dasarnya, aplikasi ini menggunakan media penyimpanan eksternal alias microSD sebagai sarana penyimpanan aplikasi.


    Yang perlu dipersiapkan adalah, perangkat Android yang sudah dalam keadaan ter-root, software partisi seperti MiniTool Free Partition Manager atau Paragon Partition Tools, card reader, dan perangkat komputer berbasis Windows. Maksud dari partisi sendiri adalah membagi, jadi, kapasitas microSD nantinya akan dibagi menjadi dua. Yang satu untuk kapasitas penyimpanan biasa, kedua sebagai tempat para aplikasi terpasang. Penulis menyarankan untuk menggunakan microSD berkapasitas diatas 8GB. Selain itu juga disarankan menggunakan microSD class 10, agar proses pembacaan data lebih cepat dan aplikasi tidak lambat saat akan digunakan.
    Pertama-tama, sebelum memulai semuanya adalah, cadangkan atau back-up semua data pada microSD Anda karena proses ini akan menghapus seluruh data pada microSD Anda.
    Setelah proses back-up selesai, format microSD Anda dan tunggu hingga selesai.
    Lalu pasang program yang telah disebutkan tadi. Kita ambil contoh menggunakan program MiniTool Free Partition Manager.
    Lalu sorot pada drive microSD Anda, dan klik kanan untuk melakukan split atau bagi.
    Untuk jumlahnya kapasitas yang akan dibagi terserah Anda, biasanya orang membagi kisaran 3-4GB.

    Untuk petunjuk lebih jelasnya dalam membuat partisi, bisa menyaksikan video berikut.


    Nah, itulah cara ketiga sekaligus cara terakhir agar perangkat Android Anda tetap dapat memasang berbagai aplikasi, walaupun dengan kapasitas memori aplikasi yang terbatas. Selamat mencoba.

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    Post Bottom Ad