• Breaking News

    Rahasia Bangun Pagi Segar Dan Berbahagia


    Banyak yang bilang salah satu bentuk kebahagiaan adalah bangun pagi tanpa alarm. Hmm… benarkah demikian? Lalu bagaimana caranya agar kita mudah bangun pagi tanpa bantuan alarm alias bangun karena tubuh sudah merasa cukup tidur dan merasa bugar? Nah simak tips di bawah ini ya

    Pernahkah Anda mengalami masa-masa tidak nyenyak tidur? Malam hari terasa sangat panjang dan melelahkan. Anda seperti merasa setengah tidur dan setengah sadar. Tidur yang tidak nyenyak membuat Anda harus terjaga berkali-kali dalam semalam dengan mimpi yang berubah-ubah. Pernahkah Anda mengalami seperti ini?

    Tidur yang tidak nyenyak sungguh sangat menyiksa. Malam hari seharusnya menjadi waktu istirahat setelah seharian beraktivitas. Waktu tidur seharusnya benar-benar berkualitas meskipun sebentar. Betapa menderita kita saat fisik kita terbaring namun pikiran kita masih mengembara sepanjang malam.

    Pagi hari seharusnya jadi momentum dimana semangat baru hadir. Menyambut pagi dengan semangat dan keceriaan adalah dambaan kita semua bukan? Namun tidur yang kurang nyenyak di malam hari seringkali membuat kita seperti malas untuk bangun pagi dan ingin tidur lagi. Hal tersebut bisa muncul karena kita merasa belum puas dengan tidur semalam yang tak berkualitas.

    Tidur yang kurang nyenyak menyebabkan kita terbangun dengan malas dan tak bersemangat di pagi hari. Padahal, kita semua menginginkan kondisi pagi hari yang bugar bukan? Apakah bangun pagi dan bermalas-malasan adalah wujud dari diri Anda yang maksimal? Apakah lesu dan tidak bersemangat merupakan cara untuk menyambut hari dengan baik? Tentunya tidak bukan?



    Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin saja, ketika kita mengalami masa-masa tidur tak nyenyak, kita tengah dalam suatu masalah yang besar. Mungkin tugas di kantor yang menumpuk atau hubungan dengan pasangan yang akhir-akhir ini kurang berjalan dengan baik membuat kita memikirkannya terlalu berlebihan. Bisa jadi anda merasa tidak ikhlas dan tertekan ketika waktu Anda pribadi disita oleh rutinitas pekerjaan. Mungkin sebelumnya Anda telah berencana untuk pergi hang out dengan teman atau menonton film kesukaan, namun tiba-tiba bos menelepon atau BBM anda untuk menyelesaikan tugas penting saat itu juga. Rencana bersenang-senang yang sudah Anda persiapkan hancur berantakan begitu saja. Ini juga salah satu penyebab depresi lho.

    Hal ini mengakibatkan masalah tersebut masuk ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Sehingga malam hari pun Anda masih memikirkan masalah yang sama, atau bahkan ia masuk ke dalam mimpi Anda.

    Maka sekarang saatnya kita ubah situasinya. Mari bersama-sama kita belajar untuk bisa bangun pagi dengan pikiran yang segar dan semangat yang menggelora. Bagaimana cara mewujudkannya? Berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa kita terapkan agar tak ada lagi pagi yang lesu dan mengantuk.
    1. Jangan Terburu-buru Saat Bangun

    Saat Anda membuka mata di pagi hari, jangan terburu-buru untuk bergerak dan bangkit dari tempat tidur. Tetaplah berbaring dan mengumpulkan “nyawa” Anda. Buka mata Anda dengan sempurna. Biarkan tubuh dan pikiran menyatu secara perlahan tanpa harus terburu-buru.
    Sebelum tidur baiknya Anda menyiapkan air putih di samping tempat tidur. Pada pagi harinya, minumlah air putih tersebut tepat saat Anda bangun dari tempat tidur. Selain dapat mengembalikan kesegaran, minum air putih di pagi hari tepat saat bangun juga peting bagi kesehatan Anda.
    2. Berusaha Untuk Ingat Mimpi Anda Semalam

    Banyak orang yang mengaku tidak bisa mengingat mimpinya semalam. Hal ini terjadi karena ketika tidur kita bisa dengan leluasa mengakses pikiran bawah sadar kita yang tidak bisa kita lakukan dalam kondisi terjaga. Dalam semalam, kita bermimpi berkali-kali karena pikiran kita juga mengakses alam bawah sadar berkali-kali.

    Kita dapat melatihnya dengan tetap berbaring di kasur tanpa memikirkan apa-apa dulu. Pejamkan mata Anda dan biarkan ingatan Anda akan mimpi semalam muncul lagi. Mengapa ini penting? Mimpi adalah refleksi dari apa yang kita rasakan di alam bawah sadar. Dengan mengingat mimpi, berarti anda mengakses alam bawah sadar anda dan menemukan banyak hal yang terjadi disana. Mungkin Anda jadi bisa memetakan kembali apa sebenarnya masalah yang sedang Anda hadapi dan mungkin Anda juga akan menemukan inspirasi
    3. Ingat Apa Yang Membuat Anda Bahagia

    Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, bagaimana cara dengan mudah berfikir positif? Beragam kelas motivasi dan pengembangan diri mungkin sangat menyarankan kita untuk berpikir positif. Tapi ternyata dalam prakteknya hal itu tidak mudah untuk dilakukan.

    Sebenarnya sederhana saja. Cara paling mudah untuk mulai berpikir positif adalah dengan mengingat hal-hal yang membuat Anda bahagia. Berpikir positif berartiAanda mampu untuk menjadikan diri Anda merasa happy dan tenang. Ingatlah hal-hal yang menyennagkan saat bangun pagi. Jadikan awal hari Anda penuh dengan ingatan akan hal-hal yang membuat Anda berbunga-bunga.
    4. Selaraskan Energi Anda

    Mulailah bangun di pagi hari dengan duduk dan menegakkan tulang punggung Anda. Tulang punggung yang lurus adalah salah satu kunci dari sumber energi bagi tubuh anda.
    5. Sadari Hembusan Nafas Anda

    Ketika pikiran sadar kita terlalu aktif. Kita akan merasa tidak tenang dan sulit untuk fokus. Untuk itu, cobalah untuk menyadari hembusan nafas Anda sebelum tidur atau bisa juga dengan merasakan detak jantung Anda. Pusatkan perhatian pada hembusan nafas atau detak jantung Anda. Hal ini akan membawa anda dengan mudah kembali ke kondisi fokus dan tenang Anda.
    6. Singkirkan Pikiran Negatif

    Memiliki pikiran negatif di pagi hari akan sangat membahayakan kesehatan Anda. Tidak mudah untuk menyingkirkan pikiran ngatif, karena pikiran negative tidak dapat di singkirkan. Ia hanya dapat digantikan dengan pikiran baru. Kita dapat dengan mudah menyingkirkan pikiran negatif dengan berpikir positif. Giringlah pikiran negatif Anda ke pikiran positif. Ingatlah hal yang membuat Anda bahagia dan mampu membuat Anda tersenyum dan secara otomatis pikiran negatif Anda akan tergantikan posisinya.
    7. Berpikir “Ya” Daripada “Tidak”

    Saat bangun pagi dengan lesu dan tidak semangat, itu bisa jadi menunjukkan sikap kita yang tidak yakin untuk menjalani hari. Pernahkah Anda merasa stres di malam hari karena besok harus menyampaikan kata sambutan atau presentasi di depan publik? Atau pernahkah Anda merasa begitu berat saat pagi hari karena harus melaporkan tugas yang belum selesai padahal sudah deadline? Yang akan terjadi di malam hari adalah rasa takut dan tidak ingin cepat-cepat ganti hari. Menghadapi hari dengan kegiatan baru yang belum pernah Anda lakukan atau tidak Anda sukai biasanya menjadi momok bagi Anda.

    Berpikirlah “ya” daripada berpikir “tidak. Berpikirlah bisa dan Anda akan mendapati diri Anda dipenuhi alasan mengapa Anda bisa melakukannya. Pikiran dan tubuh Anda akan bekerjasama dan saling menukung Anda untuk bisa menghadapinya.

    Kebalikannya, saat kita berpikir “tidak bisa” maka itulah yang akan terprogram di pikiran kita. Dengan otomatis, pikiran kita akan menarik sejuta alasan mengapa kita tidak bisa.
    8. Hadir Pada Saat Ini

    Saat pagi hari sebelum memulai aktivitas Anda, cobalah untuk membawa pikiran Anda fokus pada saat ini. Artinya Anda sedang tidak menyesali masa lalu dan tidak mengkhawatirkan masa depan. Saat ini adalah sumber kekuatan Anda. Ingat kembali apa yang bisa Anda lakukan pada hari ini. Lakukanlah yang terbaik karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi esok hari.
    9. Berolahraga Secara Rutin

    Salah satu cara untuk membuat tidur Anda berkualitas adalah dengan membiasakan diri berolahraga. Jika Anda sebelumnya tidak terbiasa dengan olahraga, cobalah untuk memulainya seminggu sekali tiap akhir pekan. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat untuk di awal. Mulailah dengan target lari keliling lapangan 2 kali misalnya atau bersepeda mengitari komplek.

    Lakukanlah olahraga seperti jogging, bersepeda atau berenang yang bisa memperlancar aliran darah Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan dan banyaklah minum air putih.
    10. Buat hari libur jadi menyenangkan

    Jangan lewatkan hari libur dengan bermalas-malasan. Malas-malasan disini artinya anda tetap di tempat tidur sampai siang. Alih-alih membuat anda fresh keesokan harinya, ini justru membuat Anda semakin lesu. Semakin Anda banyak tidur, semakin Anda merasa kurang tidur.

    Ketika libur dan ingin menghabiskan waktu di rumah, bangunlah di pagi hari dan memulainya dengan mencucui muka serta menggosok gigi Anda. Anda akan jauh lebih bugar dan ingin melakukan hal yang menyenangkan sepanjang hari. pergilah keluar untuk sekedar lari pagi dekat rumah, membeli buah atau sarapan. Anda juga bisa sekali-kali untuk memasak bersama pasangan saat hari libur.

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad