• Breaking News

    Petunjuk Bagi Kita Tentang Otak Manusia, dan Bagaiamana Kita Akan Menggunakannya


    Petunjuk bagi orang awam tentang otak manusia

    Otak manusia adalah massa protoplasma yang paling kompleks yang pernah di kenal di alam semesta ini. Inilah satu satunya organ yang sangat berkembang sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri. Jika dirawat oleh tubuh yang sehat dan lingkungan yang menimbulkan rangsangan, Otak yang berfungsi dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih dari ratusan tahun.

    Otak anda mempunyai tida bagian dasar : Batang “otak reptil”, System limbik atau”otak mamalia” dan Neokorteks. Seorang peneliti, Dr. Paul Mclean, menyebutnya “otak  triune” karena terdiri dari tiga bagian, masing masing berkembang pada waktu yang berbeda dalam sejarah evolusi kita. Masing masing bagian juga mempunyai struktur saraf tertentu dan mengatur tugas yang harus dilakukan.

    Yang pertama dalam perkembangan evolusi adalah batang atau otak reptil. Kita mempunyai unsur unsur yang sams dengan reptilia; Inilah komponen kecerdasan terendah dari species manusia. Bagian ini bertanggung jawab atas fungsi fungsi motor sensor-pengetahuan tentang realitas fisik yang berasal dari panca indra.

    Perilaku yang ada dalam otak reptil berkaitan dengan insting mempertahankan hidup, dorongan untuk mengembangkan spesies. Perhatiannya dalah pada makanan, tempat tinggal, reproduksi, dan perlindungan wilayah. Ketika anda merasa tidak aman, otak reptil ini spontan bangkit dan bersiaga atau melarikan diri dar bahaya. Inilah yang disebut reaksi “ hadapi atau lari ”. Pada masa masa perkembangan awal manusia, inilah reaksi yang merupakan keharusan. Sayangnya, jika otak reptil ini dominan, kita tidak dapat berfikir pada tingkat yang sangat tinggi.

    Disekeliling otak reptil ini terdapat system limbik yang sangat kompleks dan luas, atau otak mamalia. Dalam istilah evolusioner, system ini sangat canggih  dan merupakan bagian yang juga dimiliki semua mamalia. System limbik ini terletak di bagian tengan dari otak anda. Fungsinya bersifat emosional dan kognitif; yaitu ia menyimpan perasaan anda, pengalaman anda yang menyenangkan, memori anda, dan kemampuan belajar anda. Selain itu, system ini juga mengendalikan bioritme anda, sepert pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detang jantung, gairah sex, temperatur dan kimia tubuh, metabolisme, dan system kekebalan.

    Sistem ini jelas merupakan bagian penting dalam mempertahankan kehidupan manusia. ( Kenyataanya bahwa bagian otak yang mengendalikan emosi anda juga mengendalikan semua fungsi tubuh anda, menjelaskan mengapa emosi anda dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan anda ). Sistem limbik adalah panel kontrol utama anda yang menggunakan informasi dari indra penglihatan, pendengaran, sensasi tubuh, dan yang tak begitu sering, indra peraba dan penciuman sebagai inputnya. Kemudian informasi tersebut didistribusikan ke bagian pemikir di dalam otak anda, yaitu Neokorteks.

    Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi sistem limbik, yang membentuk 80% dari seluruh materi otak. Bagianotak ini merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan anda. Inilah yang mengatur pesan pesan yang diterima melalui penglihatan, pendengaran, dan sensasi tubuh anda. Proses yang berasal dari pengaturan ini adalah penalaran, berfikir secara intelektual, pembuatan keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motorik sadar, dan ideasi (penciptaan gagasan) nonverbal.

    Dalam neokortekslah semua kecerdasan yang lebih tinggi berada, yang membuat manusia unik sebagai spesies. Psikologi Dr. Howard Gardner telah mengidentifikasi berbagai kecerdasan khas atau “cara cara mengetahui” yang dapat dikembangkan manusia. Di antara kecerdasan kecerdasan ini adalah kecerdasan linguistik, matematika, visual/spasial, kinestetik/perasa, musik, antar pribadi.

    Mungkin kecerdasan tertinggi dan bentuk terbaik dari pikiran yang kreatif adalah intuisi. Intusi adalah kemampuan untuk menerima atau menyadari informasi yang tidak dapat diterima oleh kelima indra kita. Kemampuan ini sangat kuat pada anak anak antara usia empat dan tujuh tahun. Sering sekali kemampuan ini ditekan dan dihentikan oleh orang orang berkuasa yang memandangnya sebagai perilaku irasional. Orang khawatir dengan intuisi karena mereka pikir intuisi bisa menghalangi pemikiran rasional. Sebenarnya, intuisi justru berdasarkan pada pemikiran yang rasional dan tak dapat berfungsi tanpanya.

    Masing masing bagian otak anda bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda beda

    1.  Batang atau otak reptilia
    • Fungsi motor sensorik
    • Kelangsungan hidup
    •  “Hadapi atau lari”


    2. Sistem limbik atau otak mamalia
    • Perasaan/emosi 
    • Memori
    • Bioritme 
    • Sistem kekebalan


    3. Neokorteks atau otak berfikir
    • Befikir intelektua
    • Penalaran
    •  Perilaku waras
    •  Bahasa
    •  Kecerdasan yang lebih tinggi

    Mungkin sampai sini anda bisa memahami fungsi masing masing bagian otak manusia, dan anda mulai menyadari bagaimana harus menggunakannya. ?
    Baiklah materi selanjutnya kita akan menjelaskan "Bagaimana dan kapan kecerdasan berkembang"

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad