• Breaking News

    Purwakarta Bidik Wisatawan yang Datang ke Bandung


    Iklanpwk.com-Bandung - Pemkab Purwakarta menginginkan sebagian wisawatan yang datang ke Kota Bandung bisa disedot ke kota yang dikenal dengan Sate Marangginya itu.

    Karena itu, Purwakarta berguru ke Pemkot Bandung dalam mengembangkan potensi kreatif yang menjadi buruan wisatawan.

    Untuk mengembangkan rencana itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Pertemuan digelar di ruang kerja Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Jalan Wastukancana Kota Bandung, Kamis (8/1/2015).

    Menurut Dedi, Purwakarta merupakan daerah yang beririsan langsung dengan Bandung. Daerah yang dipimpinnya memiliki pilar penting dalam pembangunan yaitu pertanian dan industri.

    "Perkembangan kami tidak relevan dengan kepariwisataan dan industri kreatif. Nah, sumbernya ada di Bandung. Daripada numpuk di wilayah Bandung, kita menata diri supaya wisatawan tidak lari dari Jabar," kata Dedi.

    Dedi yang datang mengenakan pangsi putih bertuliskan Dangiang Galuh Pakuan menyatakan, saat ini Purwakarta memiliki potensi kuliner, fashion, dan estettika seni. Namun keunggulan yang dimiliki belum bisa menandingi kemampuan Kota Bandung dalam menyedot wisatawan.

    "Makanya kita buka peluang bagi pengusaha factory outlet untuk membangun tokonya di Purwakarta. Bila perlu kami fasilitasi," ujarnya.

    Dedi mengakui, Purwakarta memiliki keterbatasan berupa infrastruktur seperti hotel. Karena itu, bisa juga dilakukan kerja sama paket wisata dengan pengusaha Bandung.

    "Wisatawan ke Purwakarta relatif tinggi, cuma kita memiliki keterbatasan. Hotel sangat terbatas sehingga mereka datang terlalu sebentar. Minat turis terhadap wisata air milik Purwakarta sangat tinggi," ungkapnya.

    Ridwan Kamil menyatakan, Pemkot Bandung akan membantu Pemkab Purwakarta dalam upaya pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

    "Pariwisata Bandung yang overload ditarik ke sana. Tetapi karena kreativitasnya terbatas, mereka meminta investor-investor yang biasa berbisnis di Bandung ditarik ke Purwakarta. Juga minta anak mudanya dibikin sekreatif anak muda Bandung. Makanya akan ada tim kreatif anak muda diperbantukan," ucapnya.

    Ridwan menyatakan, akhir Januari nanti akan ada kumpulan investor Kota Bandung dan anak-anak muda kreatif untuk diarahkan membantu Pemkab Purwakarta.

    "Tadi juga ada MoU (Memorandum of Understanding/nota kesepahaman) dengan Purwakarta sebagai sister city versi lokal," kata pria yang akrab disapa Emil ini.

    Untuk timbal balik, lanjut Ridwan, pihaknya hanya meminta warga Purwakarta mendoakan target Bandung Juara. "Doakan Bandung Juara saja," kata Ridwan. [hus]

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad