• Breaking News

    Pemkab Purwakarta Akan Buat Rumah Naskah Nusantara

    Pemkab Purwakarta berencana membuat sebuah bangunan yang akan dijadikan rumah kumpulan naskah kerajaan se-nusantara.



    Bentuk fasilitas umum itu, nantinya tidak dibuat seperti museum. Melainkan menyerupai bangunan rumah seperti pada umumnya.

    Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, pihaknya akan mulai membuat rumah naskah tersebut pada 2015. Salah satu tujuannya, supaya naskah-naskah yang berkaitan dengan kerajaan se-nusantara bisa disimpan di rumah tersebut. Sehingga naskah itu tidak hilang atau tercecer.

    “Kami akan membangun fasilitas ini. Supaya naskah-naskah yang berkaitan dengan kerajaan yang ada di tanah air kita ini terkumpul. Kalau ada rumahnya kan keberadaan naskah ini bisa terjaga dan tertata dengan baik,” ujar Dedi, Minggu (16/11/2014).

    Sebelum bangunan itu dibuat, pihaknya akan mengumpulkan seluruh naskah kerajaan dari berbagai peloksok nusantara. Setelah itu, naskah tersebut akan disusun lalu disimpan di rumah naskah.

    “Jadi kalau ada rumahnya, tidak akan khawatir naskah-naskah kerajaan itu hilang atau tercecer. Sehingga, keberadaaannya akan lebih aman,” jelas dia.

    Selain itu, sambung dia, tujuan lainnya yakni untuk sarana edukasi bagi masyarakat. Dia menjelaskan, masyarakat bisa berkunjung ke rumah tersebut untuk mengenal sejarah kerajaan yang ada di nusantara ini.

    Tak hanya mengumpulkan naskah kuno, Pemkab pun berencana membuat kebijakan agar para pelajar lebih mencintai sejarah. Menurutnya, dari sejarah yang dibaca melalui naskah itu diharapkan para pelajar bisa lebih aplikatif lagi. Sehingga, mereka bisa lebih berinovasi dan produktif.

    Sementara itu, Guru Besar Sejarah Universitas Padjajaran, Nina Herlina Lubis mengaku sangat mengapresiasi gagasan Bupati Purwakarta itu. Apalagi, baru kali pertama dirinya mendengar ada kepala daerah yang mau membangun sarana untuk menyimpan dan mengumpukan naskah kerajaan yang ada.

    “Kami sangat apresiasi gagasan ini. Untuk itu, kami siap membantu dalam pengembangan rumah naskah ini. Hal ini sangat penting sebab menyangkut proses kehidupan negara kita,” ujarnnya singkat. [hus]

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad