• Breaking News

    7 Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Mengandung Banyak Nutrisi dan Vitamin






    Tak hanya indah dipandang, buah ini memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat buah naga? Berikut penjelasannya.

    Buah naga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi. Buah tropis ini dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Tampilannya unik, rasanya pun lezat, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kalorinya juga rendah tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral serta sejumlah serat makanan. Berikut rincian kandungan buah naga dalam porsi 227 gram, dilansir dari FoodData Central:

    Kalori: 136
    Protein: 3 gram
    Lemak: 0 gram
    Karbohidrat: 29 gram
    Serat: 7 gram
    Vitamin C: 4 milligrams
    Kalsium: 31 milligrams
    Zat besi: 1 gram
    Magnesium: 68 milligrams

    Begitu banyak nutrisi dan vitamin dalam buah naga sehingga seringkali disebut sebagai makanan super atau superfood. Untuk mengetahui lebih banyak manfaat buah naga, simak penjelasan berikut. 

    1. Mengurangi risiko terkena penyakit

    Kandungan antioksidan dalam buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan, mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

    2. Meningkatkan imun tubuh Vitamin C

    tingkat tinggi dalam buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

    3. Melancarkan pencernaan

    Buah naga mengandung prebiotik yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah serat tanaman yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung Anda. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Kehadiran prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mengalahkan bakteri jahat.


    4. Memiliki manfaat untuk ibu hamil

    Buah naga sangat bergizi dan memiliki banyak karbohidrat yang akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Konsumsi buah naga aman selama kehamilan karena memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Kandungan asam folat dalam buah naga terbukti memiliki manfaat dalam mengembangkan neurologi anak. Vitamin C, serat, dan beta-karoten juga berguna untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Salah satu komponen kunci dalam hal ini adalah likopen, yang merupakan ciri khas buah naga. Zat antioksidan ini membantu dalam memerangi berbagai masalah jantung, hipertensi, serta mengurangi kemungkinan kanker. Selain itu, buah naga mengandung lemak tak jenuh untuk pembentukan otak pada janin.

    5. Membantu mencegah kanker

    Studi oleh Leonie de Munter dkk. dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2015 menemukan hubungan antara asupan vitamin C dan risiko kanker. Manfaat buah naga dalam mencegah kanker ada pada kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam studi tersebut, 120.852 orang yang memiliki asupan vitamin C yang tinggi dapat mengurangi risiko terkena kanker kepala dan leher.

    6. Meningkatkan kadar zat besi

    Buah naga kaya akan zat besi yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berfungsi untuk memecah makanan menjadi energi. Namun, banyak orang tidak mendapatkan zat besi yang cukup. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine menemukan 30% populasi dunia kekurangan zat besi. Jadi, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

    7. Mengandung banyak vitamin

    Buah naga juga mengandung kelompok vitamin B (B1, B2 dan B3) yang memiliki peran penting dalam kesehatan. Vitamin B1 memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi energi dan metabolisme karbohidrat. Vitamin B2 bertindak sebagai multivitamin dan membantu memperbaiki serta memulihkan nafsu makan yang hilang. Vitamin B3 yang ada dalam buah naga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan memberikan tampilan kulit yang halus dan lembab serta meningkatkan indera penglihatan dan mencegah hipertensi.

    Setelah mengetahui banyak manfaat buah naga, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara memilih dan mengolah buah naga. Berikut ulasannya.

    Memilih dan mengolah buah naga

    Buah naga yang belum matang akan berwarna hijau. Carilah yang berwarna merah cerah. Beberapa bintik pada kulit buah naga itu normal, tetapi terlalu banyak bercak seperti memar menunjukkan buah naga sudah terlalu matang. Seperti alpukat dan kiwi, buah naga yang matang harusnya lembut tapi tidak lembek. 

    Berikut cara makan buah naga segar:

    1. Dengan menggunakan pisau tajam, potong menjadi dua bagian
    2. Ambil buah dengan sendok, dorong bagian belakang kulit untuk mengeluarkan daging buah dan atau potong menjadi kubus atau jari Anda.
    3. Untuk menikmatinya, tambahkan ke salad, smoothie, dan yogurt, atau dikonsumsi langsung. Buah naga juga dapat diminum dalam bentuk jus. Caranya mudah dan tidak mengurangi manfaatnya. Masukkan buah naga ke dalam blender dan tambahkan sedikit madu sebagai pengganti gula.

    Demikian penjelasan mengenai manfaat buah naga beserta cara memilih dan mengolahnya. Konsumsi buah ini secara rutin dapat meningkatkan kesehatan Anda.

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    Tidak ada komentar

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad