• Breaking News

    BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, Luncurkan Program Pinjaman Uang Muka Perumahan Pekerja Tahun 2015

    Sebanyak 70 persen dari 179 ribu buruh di Purwakarta tidak memiliki rumah. Oleh sebab itu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, meluncurkan program kredita kepemilikan rumah yang diperuntukan kepada buruh di Purwakarta.


    Program yang digulirkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan pengembang perumahan (Developer) yang akan menyediakan lahan yang akan digunakan untuk perumahan dan sekaligus pembangunanb perumahan yang layak bagi para pekerja yng belum memiliki rumah dengan tipe27, 29, dan 36 dengan minimal memiliki dua ruang kamar tidur.

    Jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Purwakarta saat ini ada di angka 179 ribu dan 70 persen di antaranya belum memiliki rumah sama sekali.Dengan program ini kami harapkan bisa membantu para pekerja untuk memiliki rumah yang layak dengan memberikan bantuan program pinjaman uang muka perumahan, kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, Difi Sumardi kepada KORAN BERITA, rABU (14/5)

    Dikatakan, untuk program ini di purwakarta sendiri dikatakan terlambat karena di daerah lain seperti Karawang justru telah memulai kerja sama seperti ini.

    Di Karawang sudah berjalan dan akan menargetkan sekitar 1000 unit dalam waktu dekat dan paling lambat akhir 2015 ini bisa terealisasi. Sementara Purwakarta belum bisa berjalan karena kita masih mencari lahan yang dianggap layak dan pas untuk membangun rumah untuk para pekerja ini. Namun kami tetap akan menargetkan sekitar 1000 Unit rumah untuk Purwakarta Dan Subang pada akhir semester ini, ujarnya.

    Dijelaskan, dengan syarat yang mudah, seperti buruh sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan telah diangkat menjadi karyawan tetap dan perusahaan juga tidak menunggak pembayaran Premi BPJS Ketenagakerjaan dan tertib administrasi.

    Plafonnya juga disesuaikan dengan penghasilan karyawan tetap. Bagi karyawan yang penghasilannya di bawah Rp. 5 juta per bulan, plafon sebesar Rp. 20 juta, di atas Rp. 5 juta plafonnya Rp 30 juta danpenghasilan di atas Rp. 10 jutaplafonnya sebesar Rp. 50 juta, jelasnya.

    Sementara itu, General Manager PT Graha Sakti Sentosa, Ali Sungkar mengatakan, pihaknya sebagai pengembang perumahan yang diperuntukan untuk para pekerja initelah menyediakan lahan seluas lima hektar yang telah dipersiapkan di wilayah Cikampek dan telah berjalan.

    Kami masih kesulitan untuk mendapatkan lahan yang bisa diperuntukan untuk membangun rumah para pekerja ini.Karena lahan kalaupun ada berada di wilayah zona industri.Sementara aturannya sendiri di Purwakarta kan sudah dibagi per zona peruntukannya dan kalaupun ada lokasinya sangat jauh dari perusahaan tempat pekerja bekerja, katanya.

    Ia menambahkan, pihaknya beserta BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan komunikasi dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi untuk mencari solusi penyediaan lahan yang akan digunakan nanti untuk perumahan para pekerja ini. Dedi Mulyadi sangat mendukung program program yang diperuntukan untuk para pekerja atau Buruh di Purwakarta, pungkasnya. (trg/use)

    koranberita

    • Beberapa perwakilan Perusahaan kategori baik yang mengikuti sosialisasi Perumahan Pekerja.
    • Kepala BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, Didi Sumardi menjelaskan program Perumahan untuk Pekerja kepada Perwakilan Perusahaan yang hadir.
    • Perwakilan Perusahaan mendengarkan pemaparan dari pihak BPJS Ketenaga Kerjaan Purwakarta.
    • KACAB BPJS Ketenagakerjaan, Didi Sumardi bersama perwakilan dari PT Dongyang Ilsun Ahmad Fauzi dan perwakilan PT GRAHA SAKTI SENTOSA Aga Nugraha menerangkan Program Perumahan Pekerja.
    • Perwakilan PT Graha Sakti Sentosa, Aga Nugraha didampingi Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Purwakarta Didi Sumardi memberikan pemaparan program.
    • Sesi tanya jawab antara pihak perwakilan Perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta.
    • GM PT Graha Sakti Sentosa, Ali Sungkar menjelaskan Program pembangunan perumahan pekerja kepada Koran Berita.

    via KORANBERITA.CO


    Berita Terkait :
    Mekarsari Residance / Cluster Purwakarta

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad