• Breaking News

    Purwakarta akan Inventarisasi Kesenian Unggulan





    Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, Jawa Barat terkenal dengan keseniannya. Saat ini kesenian tradisonal semakin tergerus, seiring masuknya budaya asing. Selain itu, mulai jarangnya regenerasi yang mau menggeluti seni tradisional.

    “Untuk itu, kami akan data sekolah mana saja yang masih menggiatkan pelajaran kesenian tradisioal. Supaya ketahuan apa saja kesenian Jabar yang ada di Purwakarta,” ujar Dedi kepada INILAH.COM, Senin (15/12).

    Kalau sudah terdata, sambung Dedi, sekolah yang menggiatkan seni tradisi itu wajib menjadikannya sebagai kesenian ciri khas sekolah. Misalnya, sekolah di Kecamatan Darangdan terkenal dengan kesenian Dongyang, Wanayasa dengan kesenian Angklung, atau Kecamatan Purwakarta dengan kesenian Degung.

    Menurut Dedi, hampir seluruh sekolah yang ada di wilayah kerjanya sudah memiliki pelajaran kesenian masing-masing. Sekolah juga harus memberikan pelajaran kesenian unggulannya.

    Dia berharap ada regenerasi anak-anak muda yang mau melestarikan seni tradisi. Apalagi, ini merupakan warisan dari nenek moyang. Selain itu, untuk mempopulerkan kembali seni tari tradisi. Ke depan kesenian-kesenian tradisional ini harus dipelajari di setiap sekolah.

    “Jangan sampai generasi muda di kita tak mengenal seni tari tradisinya sendiri. Apalagi, di Jabar sangat banyak kesenian tradisional,” jelas dia.

    Untuk itu, pihaknya akan mengintruksikan jajaran Dinas Pendidikan untuk kembali mempopulerkan seni tradisi di tingkat sekolah. Salah satunya, seni tradisi harus ada dalam kegiatan ekstra sekolah.

    “Banyak sisi positif-nya, jika seni tradisi ini diterapkan pada pelajar. Salah satunya, supaya sejak dini mereka sudah mengenal budaya nenek moyangnya. Selain itu, mereka bisa melestarikan kearifan lokal yang ada,” pungkasnya. [ito]

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad