• Breaking News

    Menyusuri Sejarah Purwakarta



    Lokasi Kedaleman Wanayasa terletak antara Cirebon, Sumedang, Bandung, Cianjur dan Karawang, lokasinya berada ditengah-tengah, Wanayasa salah satu Kedaleman yang Mandiri, artinya tidak dijajah oleh siapapun, Wanayasa juga tempatnya sangat tersembunyi, jadi tidak heran kalau banyak orang semata-mata hanya untuk berlindung dan bersembunyi dari mara bahaya.

    Sebagai contoh diantaranya :

    EYANG SYAHBANDAR, beliau berasal dari Palembang, nama aslinya ENCE KOSIM, kita menyebutnya dengan nama R MOH. KOSIM.
    Dari Palembangnya beliau jadi buronan Belanda, karena demi meneruskan perjuangannya maka beliau menyelamatkan diri dengan merantau ke Pulau Jawa (Jawa Barat).
    Di TANJUNG PRIOK beliau bermukim sambil mengajarkan kehebatannya yaitu ILMU SILAT, serta mendapat gelar AMA SYAHBANDAR.


    Dari Tanjung Priok lalu meneruskan perjalanannya ke CIANJUR, disini beliau bermukim agak lama, secara biasa mengajarkan Ilmu Silat malah lebih hebat serta murid-muridnya lebih banyak daripada waktu beliau di Tanjung Priok.
    Seterusnya, pada suatu hari EYANG SYAHBANDAR bertemu dengan orang Wanayasa yang sama-sama sedang merantau, lalu beliau sangat tertarik ingin ikut ke Wanayasa dan akhirnya Eyang Syahbandar berangkat ikut ke Wanayasa.
    Sesampainya di Wanayasa Eyang Syahbandar dikenalkan dengan salah seorang sesepuh Wanayasa yaitu R MOH ISPAN, untuk seterusnya ditikahkan dengan adik R MOH ISPAN yang bernama NYI KENDA yang dikenal dengan nama EYANG BUBU
    Di Wanayasa Eyang Syahbandar, selain mengajarkan ILMU KEBATINAN yang disesepuhan oleh EYANG BUBU juga mengajarkan ILMU SILAT (ULIN SYAHBANDAR), tampaknya Ulin Syahbandar untuk masyarakat Jawa Barat sudah dikenal dan tidak asing lagi, sampai beliau wafat di Wanayasa dan makamnya sekarang berada di belakang pasar Wanayasa tepatnya di Kampung Krajan Pemakaman Cijamban.
    Eyang Syahbandar tidak mempunyai putra

    Infokan pada teman/kerabat anda yang membutuhkan informasi ini. KLIK TOMBOL :

    FacebookGoogle+Twitter WhatsApp

    Tidak ada komentar

    SUBSCRIBE

    Post Bottom Ad